Home / Berita / Rapat Koordinasi Penyusunan Strategi Program SBSNP

Rapat Koordinasi Penyusunan Strategi Program SBSNP

Rapat Koordinasi Penyusunan Strategi Program SBSNP di LPMP Provinsi Bali, 10 – 11 September 2015

 

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Bali, pada tanggal 10 s.d. 11 September 2015, menyelenggarakan rapat koordinasi program Sekolah Berbasis Standar Nasional Pendidikan (SBSNP) yang dihadiri Kabid Dikdas Disdikpora Provinsi Bali Drs. I Nyoman Subrata,MM., Sekretaris Disdikpora dan Pengawas Sekolah jenjang SMP Disdikpora Kota Denpasar, Kab. Buleleng dan Kab. Gianyar, Kepala Sekolah serta tim Unit Penjaminan Mutu Sekolah (UPMS) dari 12 sekolah binaan program SBSNP.

SBSNP merupakan core business LPMP Provinsi Bali dalam rangka mengimplementasikan Permendiknas No. 63 Tahun 2009 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP). Secara umum program SBSNP bertujuan untuk mempercepat peningkatan mutu pendidikan dasar (SD dan SMP) melalui pembinaan sekolah yang dijadikan model sekolah dengan sistem penjaminan mutu yang dapat memenuhi dan/atau melampaui Standar Nasional Pendidikan (SNP). Sekolah yang dijadikan binaan dalam program SBSNP berjumlah 12 sekolah, yakni SMPN 1 Singaraja, SMPN 2 Singaraja, SMPN 4 Singaraja, SMPN 1 Seririt, SMPN 1 Gianyar, SMPN 1 Sukawati, SMPN 2 Blahbatuh, SMPN 1 Tegallalang, SMPN 7 Denpasar, SMPN 8 Denpasar, SMPN 9 Denpasar serta SMPN 11 Denpasar.

Program SBSNP dilaksanakan secara bertahap, tahun 2015 ini merupakan pelaksanaan tahun kedua yang merupakan lanjutan dari program SBSNP tahun 2014. Hasil pelaksanaan program SBSNP tahun 2014 menunjukkan seluruh sekolah telah membentuk Unit Penjaminan Mutu Sekolah, 58.3% sekolah telah memiliki dokumen pakta integritas yang menunjukkan komitmen sekolah dalam melaksanakan penjaminan mutu, 75% sekolah telah memiliki dokumen Pedoman Mutu, 66.6% sekolah telah memiliki dokumen Sasaran Mutu, dan seluruh sekolah telah menyusun Rencara Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk mata pelajaran IPA, IPS, Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

Hasil pelaksanaan SBSNP tahun 2014 perlu ditingkatkan, melalui rapat koordinasi ini diharapkan adanya pemahaman yang sama terhadap strategi implementasi program SBSNP yang akan dilaksanakan tahun 2015 mencakup :

  1. Visitasi SBSNP ke sekolah binaan
  2. Capacity Building (CB) SBSNP tingkat Provinsi tentang Best Practise
  3. Capacity Building (CB) Audit Mutu Internal Tingkat Provinsi
  4. Implementasi SBSNP di Sekolah
  5. Monitoring dan Evaluasi
  6. Showcase SBSNP tingkat Provinsi.

Dengan adanya pemahaman yang sama diharapkan adanya dukungan dari pemerintah kabupaten/kota sehingga pelaksanaan program SBSNP di sekolah binaan bisa terlaksana dengan baik dan terjadi peningkatan kualitas dan layanan pendidikan untuk memenuhi SNP.