Home / Berita / Rapat Konsolidasi Program Sekolah Berbasis Standar Nasional Pendidikan (SBSNP)

Rapat Konsolidasi Program Sekolah Berbasis Standar Nasional Pendidikan (SBSNP)

Rapat Konsolidasi Program Sekolah Berbasis Standar Nasional Pendidikan (SBSNP) Di LPMP Provinsi Bali, 9 September 2015

 

Rabu, tanggal 9 September 2015 Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Bali melaksanakan Rapat Konsolidasi dengan Kabid SMP Disdikpora Kabupaten Buleleng, Gianyar, dan Kota Denpasar, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah dan Tim Unit Penjaminan Mutu Sekolah (UPMS) dari masing-masing sekolah binaan. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala LPMP Provinsi Bali, Dr. I Made Alit Mariana. Dalam sambutannya beliau menyampaikan, salah satu Program Generik Kebijakan Umum Pemanfaatan Anggaran Pendidikan adalah Peningkatan Kompetensi Aktor Pendidikan.

Aktor pendidikan dalam hal ini adalah guru. Hingga saat ini kompetensi guru dinilai masih belum sesuai dengan yang diharapkan dan masih perlu untuk ditingkatkatkan. Salah satu peningkatan kompetensi guru adalah melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Melalui pelaksanaan program SBSNP guru difasilitasi menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk lima mata pelajaran (Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA dan IPS) agar memenuhi ketentuan dalam SNP.

Peningkatan mutu pendidikan tidak lepas dari dukungan pemerintah daerah. Dalam pelaksanaan rapat konsolidasi ini diharapkan pula peran serta Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota untuk mendukung pelaksanaan program SBSNP di sekolah yang menjadi binaan LPMP. Pemahaman dan persepsi yang sama antara LPMP dan Dinas pendidikan Kab/Kota terhadap implementasi program SBSNP akan mempercepat peningkatan mutu pendidikan di sekolah.