Home / Berita / In House Training Program Pengembangan SBSNP

In House Training Program Pengembangan SBSNP

IN HOUSE TRAINING PROGRAM PENGEMBANGAN SBSNP DI LPMP PROVINSI BALI, 2-4 SEPTEMBER 2015

 

Kegiatan In House Training (IHT) Program Pengembangan Sekolah Berbasis Standar Nasional Pendidikan (SBSNP) merupakan upaya membangun kapasitas dan pemahaman tentang SBSNP yang dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 2 s.d 4 September 2015 bertempat di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Bali, Jl. Letda Tantular No. 14, Yangbatu Kauh, Denpasar. Kegiatan yang diikuti oleh pejabat struktural, widyaiswara dan staf di lingkungan LPMP Provinsi Bali ini dibuka oleh Kepala LPMP Provinsi Bali, Dr. I Made Alit Mariana. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa pada pelaksanaan program SBSNP tahun 2015 ini LPMP masih memfasilitasi 12 sekolah binaan SBSNP jenjang SMP yang tersebar di tiga Kabupaten/Kota. Untuk kedepannya, diharapkan 50% sekolah jenjang pendidikan dasar (SD dan SMP) di Bali bisa difasilitasi juga.

Penyelenggaraan program SBSNP merupakan salah satu fungsi LPMP Provinsi Bali dalam rangka memberikan fasilitasi peningkatan mutu pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan kesetaraan pendidikan dasar dan menengah dalam penjaminan mutu pendidikan. Dalam rangka menjalankan fungsi tersebut, diperlukan sumber daya manusia yang memadai dari segi kompetensi untuk melakukan fasilitasi. Melalui pelaksanaan IHT ini, diberikan pemahaman tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP), Program SBSNP, Strategi implementasi program SBSNP, Keunggulan sekolah yang bisa menjadi best practice dalam penyelenggaraan SBSNP, Pengembangan instrumen visitasi dan supervisi, serta Audit Mutu Internal (AMI).

Setelah mengikuti IHT ini diharapkan pejabat struktural, widyaiswara, serta staf LPMP Provinsi Bali memiliki pemahaman dan persepsi yang sama mengenai program SBSNP, sehingga bisa melaksanakan fasilitasi berupa Visitasi ke sekolah, melaksanakan Bimbingan Teknis dan Pendampingan Penyusunan Program Sekolah, serta melaksanakan Supervisi dan Evaluasi pelaksanaan Program SBSNP di sekolah. Selain itu, diharapkan juga bisa membantu memberikan solusi kepada sekolah apabila menemui kendala dalam melaksanakan program SBSNP.